Tips Food Fotography

Food Photography akhir-akhir ini memang banyak dicari dan memiliki peluang yang besar, banyak perusahaan mencari gambar food photography untuk dijadikan cover majalah, promosi, katalog dll. Pekerjaan ini memiliki kelebihan tidak terikat waktu, jadi kita lebih leluasa untuk mengambil gambar, karena biasanya semua proses pemotretan seluruhnya diserahkan kepada fotografer.

Bagi Anda yang baru menggeluti bidang Food Photography Anda perlu beberapa tips jitu untuk melakukan bidang ini. Hanya lewat gambar terkadang orang akan menilai bahwa makanan ini terlihat menggiurkan, terasa enak dan segera ingin mencicipinya. Baiklah daripada penasaran mari langsung saja kita simak Tips Food Photography pada ulasan dibawah ini.

Tips Food Fotography

  1. Pastikan Bahan Makanan Masih Fresh
    Pastinya kita akan kehilangan selera memasak bila keadaan bahan, sayuran dan daging mengalami caat fisik seperti : Kulit buah keriput, Daging sudah mulai berubah warna dan sayur mulai layu atau kering. Jadi periksa lebih teliti saat Anda ingin membeli bahan food photography. Apabila mendapat bahan kurang baik, usahakan untuk menutupi bagian tersebut dengan cara mengambil gambar objek dari sudut yang lain.
    Tips Food Photography
  2. Pencahayaan Adalah Segalanya
    Posisi Backlight sangat berpengaruh dalam pengambilan sesi food Photography yang dapat memberi ciri khas teksture makanan terlihat berselera.  Tidak hanya itu uap dari makanan yang baru matang ketika mendapat pencahayaan dari belakang makanan. Coba Anda perhatikan gambar dibawah ini, ada berapa banyak selera dari setiap masing-masing bahan setelah diambil dari sudut pencahayaan yang benar.
    Tips Food PhotographySedangkan gambar dibawah ini memiliki skimming cahaya diatas makanan dan cahaya datang dari belakang. ini membuat buah yang biasa disebut cipluan ini terkesan mewah dan terlihat lebih renyah.
    Food Photography
  3. Gunakan Alat Peraga Sederhana Dan Bahan Mentah
    Gunakanlah alat memasak, piring atau alat peraga yang tidak begitu banyak memiliki corak dan pola. Karena apabila Anda menggunakan alat peraga dengan banyak pola atau motiv bisa mengacaukan fokus utama pada gambar makanan. Sehingga pemirsa lebih tertarik pada properti dinimbang makanan, jadi gunakanlah alat peraga yang simple. Tambahkan juga sedikit bahan mentah makanan tersebut agar makanan dapat menampakan unsur seni tersendiri.
    Food Photography
  4. Perlihatkan Gambar Ketika Sedang Memasak
    Menurut alhi food photography Darlene Hildebrant, menampilkan gambar ketika memasak terkadang lebih baik daripada menampilkan produk yang sudah jadi. Sehingga pembaca dapat mengira-ngira bahan apa saja untuk membuat makanan tersebut.
    Food Photography
  5. Tambahkan Unsur Manusia
    Ini bertujuan agar makanan terlihat menarik dan tampak nyata dimata pemirsa, Anda dapat menampilkan chef sedang mengaduk makanan, menambahkan bumbu pelengkap atau melakukan kegiatan lainya yang berhubungan dengan penyajian makanan. Sebagai contoh Anda dapat melihat gambar dibawah ini.
    Tips Food Photography
  6. Menjaga Kondisi Makanan Tetap Segar Setelah Dimasak
    Jika Anda disuruh untuk memotret daging atau sayuran yang sepenuhnya dimasak, Anda harus tetap siaga sebelum kondisinya berubah ketika selesai dimasak. Untuk tetap mendapatkan gambar daging atau sayuran yang masih terlihat padat atau fresh dapat diakali dengan mengambil makanan itu dari oven atau dalam keadaan setengah matang, lalu hias dan potret gambar dengan segera. Setelah selesai, masak kembali makanan tersebut daripada nantinya mubazir.
    Tips Food Photography
  7. Jaga Kebersihan Alat Peraga
    Pastikan alat peraga seperti piring dan lainya tampak bersih ketika Anda sedang melakukan sesi pemotretan, termasuk menjaganya dari cacat fisik seperti retakan, pecaha, goresan dll. Karena piring yang terdapat bercak noda makanan, atu cacat fisik akan nampak terlihat berantakan, ini pasti akan membuat anda sedikit kerepotan saat mengambil foto close-up makanan tersebut. Sebagai contoh lihatlah gambar dibawah ini.
    Tips Food PhotographyBeda lagi dengan gambar dibawah ini. Pastinya Anda lebih berselera memakan makanan dibawah ini dinimbang gambar diatas karena penyanjianya yang terlihat lebih bersih.
    Tips Food Photography
  8. Buat Makanan Terlihat Lebih Simple
    Hilangkan elemen-elemen yang Anda rasa terlihat mengganggu pada saat pengambilan gambar. Singkirkan saja semua benda-benda disekitar makanan agar tidak mengganggu fokus kamera. Gunakanlah beberapa alat peraga atau bahan mentah seperlunya untuk menambah unsur  selera dari makanan.
    Tips Food Photography
    Sumber : kelasfotografi

Tips ini tidak benar-benar akan membuat hasil foto Anda terlihat sempurna, hanya saja ini dapat membatu Anda mengetahui bagaimana cara mengambil gambar makanan atau food photography. Sebenarnya hasil baik buruknya karya tergantung dari daya imajinasi seniman itu sendiri. Sekian yang dapat saya sampaikan tentang tips food photography, trimakasih telah berkunjung semoga dapat menambah wawasan kita

Advertisements