Tips Fotografer Pemula

Fotografer bukan hanya sekedar menekan tombol shutter pada kamera, keahlian ini tidak kalah rumit dengan bidang lainya. Untuk kebanyakan orang fotografi dapat menjadi salah satu proses belajar yang sangat panjang, tapi sebagian orang memiliki bakat alami dalam bidang ini. Jika Anda termasuk orang yang memiliki bakat alami saya sarankan agar terus belajar dan jangan cepat bangga akan karya Anda.

Apapun alasanya jangan pernah keterbatasan menjadi penghalang Anda untuk tetap belajar. Karena kami disini sudah merangkum tips jitu untuk mengembangkan dan memahami konsep dasar dari fotografi. Baik, langsung saja kita simak tips fotografer pemula berikut ini.

Tips Fotografer Pemula

  1. Pelajari Dasar Fotografi
    Pasti kebanyakan orang tidak akan langsung mendapatkan karya bagus saat pertama kali memotret, jika iya saya yakin itu hanyalah kebetulan semata. mulailah belajar bagian-bagian kamera, setelah itu pelajarilah tentang eksposur. Untuk refrensi cobalah mencari refrensi dan megumpulkan gambar dari karya orang lain.
  2. Bergabung di Forum Fotografi
    Situs-situs fotografi di Indonesia mulai berkembang pesat entah itu didalam maupun diluar negri. Mintalah untuk bergabung di situs tersebut atau Anda bisa bergabung di forum fotografi di media sosial. Simak baik-baik kasus obrolan di forum tersebut, karena saya yakin suatu saat Anda akan mengalami kasus yang sama. Anda juga bisa meminta rekomendasi alat sesuai kebutuhan Anda untuk mengambil suatu objek.
  3. Nikmati Proses Belajar Anda
    Fotografi bagi saya adalah hobi yang tidak membosankan, karena kita bisa menangkap moment luar biasa tanpa disengaja. Terlebih lagi kita bisa mendapatkan inspirasi darimana saja. Hal ini membuat saya tidak pernah kehabisan ide untuk menggali lebih dalam tentang fotografi.
  4. Jangan Langsung Membeli Kamera Pro dan Peralatan Lainya
    Mungkin karena alasan ingin mendapatkan gambar profesional kebanyakan para pemula ingin membeli kamera mahal dan peralatan lainya, sebenarnya ini bagi saya adalah kesalahan besar. Percuma Anda memilliki peralatan pro tapi skill Anda nol. Belajarlah secara bertahap, gunakanlah kamera standar yang Anda miliki. Jangan sesekali Anda mengupgrade peralatan sebelum Anda mahir menggunakan alat yang Anda punya saat ini.
  5. Pastikan Anda Selalu Membawa Kamera
    Bukan berarti Anda harus menggantungkan kamera dileher Anda. Jika Anda merasa berat saat membawa kamera DSLR Anda dapat menggantinya dengan kamera ponsel atau kamera potret. Ada kalanya Anda akan menemukan moment untuk memotret, entah itu menggunakan ponsel atau menggunakan kamera pocket Anda. Ini bisa dijadikan sebagai pengalaman Anda yang nantinya dapat dikembangkan saat Anda menggunakan kamera DSLR.
  6. Jangan Anggap Remeh Hal Sederhana Disekitar Anda
    Sebagai fotografer pemula saya yakin Anda bingung mau memotret hal apa untuk pertama kalinya. Pasti Anda merasa bahwa tidak ada yang menarik didalam ruang tamu Anda hingga halaman rumah Anda. Cobalah memiliki pandangan seperti seorang fotografer profesional, lalu coba mengambil dua sampai enam kali tembakan pada suatu. Otak-atik kamera Anda dan kembangkan kreasi Anda untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Karena hal luar biasa bisa didapat dari hal yang biasa saja.
  7. Cobalah Memanfaatkan Post-Processing
    Post-processing adalah menambah bumbu-bumbu pada foto yang melibatkan tweak sederhana, seperti : menghilangkan mata merah, merubah foto menjadi hitam putih, selektive warna dll. Untuk mengolah gambar Anda bisa menggunakan software gratis seperti paint.net atau menggunakan software yang lebih populer seperti Adobe Photoshop.
  8. Lakukan Kegiatan Anda Secara Rutin
    Untuk mendapatkan sebuah maha karya tidak dapat dilakukan secara instant, Anda harus sering berlatih setiap hari. Luangkan waktu senggan Anda untuk berlatih, hal ini harus sering Anda lakukan agar ilmu yang telah Anda pelajari tidak terlupakan.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang tips fotografer untuk pemula, semoga menambah wawasan kita tentang dunia fotografi. Pesan saya jangan mudah menyerah dan terus berusaha. Trimakasih telah berkunjung dan meluangkan waktu Anda.

Advertisements