Cara Merawat Kamera DSLR

Cara Merawat Kamera DSLR

Kamera DSLR memang berbeda dengan kamera ponsel maupun kamera pocket sejenisnya, saat kita menggunakan kamera ponsel atau pocket biasanya kita akan menaruhnya disembarang tempat setelah melakukan aktifitas potret memotret. Hal ini membuktikkan bahwa kamera ponsel atau pocket memang tidak begitu memerlukan perlakuan khusus dalam perlakuan kamera.

Mengingat kamera DSLR adalah kamera khusus photography, pasti didalam kerangka kamera terdapat mesin dan komponen sensitif. Sehingga kamera DSLR sangat membutuhkan perhatian khusus dalam perawatan hingga penyimpanan.

Untuk menjaga kinerja kamera tetap jos maka Anda wajib mengetahui bagaimana cara merawat kamera DSLR dengan benar. Berikut ini adalah beberapa cara merawat kamera DSLR yang sudah saya praktekkan selama lima tahun lebih  dan terbukti berhasil. Cekidot.

Cara Merawat Kamera DSLR

  1. Perhatikan Kebersihan Kamera
    Saat Anda selesai mendapat orderan atau telah melakukan kegiatan memotret jangan langsung menempatkan kamera dalam tempatnya. Biasanya, saat Anda melakukan kegiatan photography diarea terbuka kamera DSLR Anda akan rentan terkena debu atau kotoran yang ikut terbawa udara. Usahakan terlebih dahulu membersihkanya dengan alat pembersih khusus kamera, untuk mengetahui alatnya silahkan klik link (8 Aksesoris Kamera DSLR Ini Wajib Anda Miliki).Saat Anda menyimpanya pada saat waktu yang lama, jangan tunggu sampai Anda ingin menggunakanya baru ingin dibersihkan. Setidak-tidaknya bersihkan kamera seminggu dua kali walau tidak Anda gunakan.
  2. Perhatikan Kebersihan Lensa Kamera
    Lensa kamera adalah bagian kamera yang sering dikeluhkan oleh para photografer karena sering terkena jamur. Jadi Anda harus siapkan kain khusus untuk membersihkan lensa kamera, ingat pisahkan antara kain khusus pembersih permukaan lensa, kain pembersih body lensa kamera dan kamera pembersih body kamera.Berikut beberapa alat pembersih lensa kamera DSLR :
    Blower
    Bentuk alat ini bulat lonjong yang terbuat dari karet, lalu pada bagian bawahnya terdapat komponen panjang denga lubang diujungnya. Bagian ini berfungsi untuk menghembuskan kotoran pada lensa atau body kamera. Alat ini terjual bebas dipasaran dengan berbagai ukuran dan harga.
    LensPen
    Alat ini memang di khususkan untuk membersihkan kamera. Lenspen tidak hanya dapat menghilangkan debu pada kamera, lenspen juga dapat membersihkan fingerprint atau bekas jari dan noda air yang telah kering. Lenspen juga dapat digunakan untuk membersihkan lensa teropong, komponen teleskop atau komponen yang berbay optik.
    Lens Tissue
    Tissue ini memang dirancang untuk menjaga lensa kamera Anda agar tetap dalam keadaan baik. Memang tidak ada salahnya bila Anda sudah menggunakan kain khusus untuk membersihkanya, hanya saja kurang optimal. Dengan Lens Tissue Anda dapat menjaga lensa kamera Anda dari noda, sidik jari dan mencegah penyimpangan gambar akibat kotoran yang menempel pada lensa.
    Cairan Pembersih Optik
    Cairan ini dapat dengan mudah Anda temukan di toko-toko kacamata, cairan ini ampuh bila digunakan untuk membersihkan lensa dari jamur.
  3. Hati-hati Saat Membersihkan Sensor Kamera
    Ini adalah bagian paling sensitif dari kamera DSLR, sehingga komponen ini perlu pembersihan rutin dan harus xtra hati-hati saat membersihkanya. Berikut cara membersihkan kamera agar Anda tidak salah kaprah nantinya.- Pastikan mirror luck up aktif untuk memudahkan pembersihan nantinya. cara mengaktifkan mirror luck up dapat diaktifkan melalui pengaturan main menu.
    – Saat mirror luck up aktif, lepas lensa dan tekan release shutter. ini membuat mirror terangkat dan membuat sensor kamera terlihat.
    – Setelah itu hadapkan kamera kebawah lalu semprot dalam kamera menggunakan blower agar debu didalam kamera langsung jatuh kebawah. Selamat mencoba.
  4. Bersihkan Body Kamera
    Bersihkan viewfinder, area lampu flash dan layar LCD menggunakan cotton bud yang telah diberi cairan khusus, sedangkan untuk membersihkan tombol navigasi dan body kamera Anda dapat menggunakan kuas tipis atau dengan kain khusus yang telah Anda siapkan.
  5. Jangan Diamkan Kamera Anda Terlalu Lama
    Memang alangkah baiknya menyimpan kamera setelah kita gunakan untuk menghemat shutter count. Tapi apa jadinya jika kamera DSLR Anda diamkan selama satu bulan penuh, pastinya mesin kamera akan terasa kaku dan kinerja kamera Anda akan menjadi lambat.Gunakanlah kamera Anda seminggu sekali untuk melakukan kegiatan memotret dan jangan lupa tekan semua tombol navigasi termasuk memutar-mutar tombol dia. Kegiatan ini dilakukan agar mesin kamera mendapat respon dan tidak kaku saat digunakan nanti.

Bonus:

  • Jangan menyimpan kamera DSLR Anda di tas dalam kurun waktu yang lama. Ini akan mengakibatkan kamera Anda berjamur dan mesin kamera menjadi kaku.
  • Jangan simpan kamera pada tempat yang terkena sinar matahari langsung. Bila terlanjur terjadi maka mesin pada kamera akan mengalami kekeringan.
  • Jangan taruh kamera pada area terbuka. Hal ini membuat kamera rentan terkena debu dan kotoran

Demikianlah beberapa Cara Merawat Kamera DSLR dari kami, bagaimana apakah artikel ini membantu bagi Anda, jika iya tolong share artikel ini bila sangat membantu bagi Anda, jika tidak silahkan beri komentar untuk artikel ini. Trimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat

Advertisements